#upapsi1 TUGAS 1 (T01) - SISTEM INFORMASI ITU APA?
SISTEM INFORMASI ITU APA?
Sistem Informasi (SI) adalah
kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan
teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat
luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi
antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini,
istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi
teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang
berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.
Ada
yang membuat perbedaan yang jelas antara sistem informasi, dan komputer sistem
TIK, dan proses bisnis. Sistem informasi yang berbeda dari teknologi informasi
dalam sistem informasi biasanya terlihat seperti memiliki komponen TIK. Hal ini
terutama berkaitan dengan tujuan pemanfaatan teknologi informasi. Sistem
informasi juga berbeda dari proses bisnis. Sistem informasi membantu untuk
mengontrol kinerja proses bisnis.
Pengertian Sistem
Informasi menurut Para Ahli
1. John F. Nash: Pengertian sistem informasi
menurut John F. Nash adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat
teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan
komunikasi yang penting, proses atau transaksi tertentu dan rutin, membantu
manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan
keputusan yang tepat.
2. Robert A. Leitch: Menurut Robert A. Leitch,
pengertian sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang
mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi,
bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan
pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
Tujuan Sistem
Informasi
Tujuan
dari sistem informasi adalah menghasilkan informasi. Sistem informasi adalah
data yang diolah menjadi bentuk yang berguna bagi para pemakainya. Data yang
diolah saja tidak cukup dapat dikatakan sebagai suatu informasi. Untuk dapat
berguna, maka informasi harus didukung oleh tiga pilar sebagai berikut: tepat
kepada orangnya atau relevan (relevance), tepat waktu (timeliness), dan tepat
nilainya atau akurat (accurate). Keluaran yang tidak didukung oleh tiga pilar
ini tidak dapat dikatakan sebagai informasi yang berguna, tetapi merupakan
sampah (garbage).
Komponen Sistem
Informasi
komponen-komponen dari
sistem informasi adalah sebagai berikut...
1. Komponen input adalah data yang masuk ke
dalam sistem informasi.
2. Komponen model adalah kombinasi prosedur,
logika dan model matematika yang memproses data yang tersimpan di basis data
dengan cara yang sudah di tentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
3. Komponen output adalah hasil informasi yang
berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta
semua pemakai sistem.
4. Komponen teknologi adalah alat dalam sistem
informasi, teknologi digunakan dalam menerima input, menjalankan model,
menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan output dan memantau
pengendalian sistem.
5. Komponen basis data adalah kumpulan data yang
saling berhubungan yang tersimpan di dalam komputer dengan menggunakan software
database.
6. Komponen kontrol adalah komponen yang
mengendalikan gangguan terhadap sistem informasi.
Kegunaan atau Fungsi
Sistem Informasi
1. Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji
secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya
prantara sistem informasi.
2. Menjamin tersedianya kualitas dan
keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
3. Mengembangkan proses perencanaan yang
efektif.
4. Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan
keterampilan pendukung sistem informasi.
5. Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada
sistem informasi.
6. Mengantisipasi dan memahami
konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.
7. Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi
pengembangan dan pemeliharaan sistem.
8. Organisasi menggunakan sistem informasi untuk
mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan
sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.
9. Perusahaan menggunakan sistem informasi untuk
mempertahankan persediaan pada tingkat paling rendah agar konsisten dengan
jenis barang yang tersedia.
10. Sistem Informasi Manajemen untuk Pendukung
Pengambilan Keputusan.
Sumber:
3. Agamgunadi. 6 Mei 2013. Beberapa Kegunaan atau Fungsi Sistem Informasi Antara Lain. www.agamgunadi77.wordpress.com
Komentar
Posting Komentar